KBBP (Kamus Besar Bahasa Parung) Terlengkap

Image by : KakProsto.ru

Halo sobb.. ketemu lagi nih sama gue dari tapak blogger...
Kali ini yang dibahas ialah KBBP atau Kamus Besar Bahasa Parung. Hah?? Bahasa parung ?? 
emang ada? Ngga... maksudnya gini... gue jelasin... kalo sobat dateng.. atau pindah 
rumah ke daerah pesisir atau menyambangi daerah parung, atau sobat berkunjung
ke rumah teman sobat atau sodara sobat yang tinggal di parung... 
biasanya orang orang kampung asli (Pribumi) yang tinggal di daerah tersebut 
pake bahasa nya sendiri sob.. menurut  sepengetahuan bahasa tersebut  merupakan
akulturasi dari bahasa-bahasa dari setiap daerah diindonesia yang mungkin banyak 
yang hijrah maupun bertempat tinggal di parung sobb... makanya bahasa di parung
banyak yang mirip bahkan memang teradopsi sejak dahulu hingga sekarang, mulai
dari ( bahasa jawa, sunda, betawi yang paling dominan). biasanya bahasa ini dipake
oleh kalangan bapak-bapak, kakek, nenek, ibu, buyut, mereka yang telah lama tinggal sobb...
Berikut ini beberapa contoh kutipan kata-kata atau istilah dalam kamus bahasa 
parung yang pernah gue temuin :

1.    Bagen bae = Biarin Aja
2.    Embung = Tidak Mau
3.    Kepuak = Tersambar
4.    Kedagor = Terbentur
5.    Ngungseb / Nyungsep = Terjatuh
6.    Laer = Cabang Pohon yang paling ujung
7.    Jelongjongan = Pusing
8.    Nyerande/Nyender : dibaca (Nyeurande) = Bersandar pada suatu Objek
9.    Gasik = Cepat atau Lekas
10.  Gegeni = Mengringkan Badan sehabis mandi didekat Api
11.  Moyan = Mengeringkan Badan sehabis mandi dibawah sinar matahari
12.  Ngendon Madang = Numpang Makan
13.  Mindo/Madang = Makan
14.  Berayan = Melakukan sesuatu bersama - sama
15.  Ngererod/Sererodan =(dibaca : Ngeurerod) =  Banyak Orang yang berjalan beriringan
16.  Bejibun / Ngejideg = Sangat banyak atau Banyak sekali
17.  Tenggor/Tempong = Melempar
18.  Keblangsak = Susah,
19.  Nguyung = Orang yang Lemah
20.  Kebinabina = Kebangetan
21.  Alukan = Mendingan
22.  Angguran = Artinya sama juga Mendingan
23.  Ngeblinger = Artinya Sama seperti “Kebangetan” namun lebih spesifik
24.  Ne’beng = Numpang atau bisa juga diartikan membonceng
25.  Eneng e’neng = Di pamer pamer
26.  Be = Saja
27.  Ngelendot =(dibaca : Ngeulendot) = Mendekati seseorang dengan Kolokan
28.  Beblangkengen =(dibaca : Beublangkengeun) = Muntah - Muntah
29.  Ontong = Jangan
30.  Anter anter = Pelan - pelan
31.  Grajagan = Ancur
32.  Tengari ngari =(dibaca : Teungari) = Siang Hari yang Cerah dan Panas
33.  Penter = (dibaca : Peunter) = Panas
34.  Ngalor (Utara), Ngidul (Selatan), Wetan (Timur), Kulon (Barat) = Diadopsi Bahasa Jawa
35.  Kobok/kekobok = Mencuci Tangan pada wadah berisi Air
36.  Sesambatan = Nangis/Menangis yang
37.  Ongkoh/ Onam/Onaman = (Makna Nya yang dalam/sulit tuk di artikan)
38.  Kuwung – kuwung = Pelangi (mungkin diadopsi dari bahasa Sunda atau Jawa)
39.  Botoh = Cantik atau Cakep/Bagus
40.  Menor = Penampilan yang sangat Menonjol
41.  Harem Jaddah / Harem Jakun = (dibaca : Hareum) = Kurangajar 
42.  Wangsit = Sialan (mungkin diadopsi dari bahasa Jawa)
43.  Ngendoy (dibaca : Ngeundoy) = kendor kebawah (mungkin diadopsi dari bahasa sunda)
44.  Cedang = (dibaca : Ceudang) = Suatu Pandangan yg Jelas (mungkin dari bahasa sunda)
45.  Abang-Obong = Mentang – Mentang
46.  Murub = Menyala (Spesifik Api yang menyala atau benda yg menyala)
47.  Ngendong = Menginap (mungkin diadopsi dari bahasa sunda dan jawa)
48.  Puguh !! = Emang iya !!! ( Menyatakan Suatu Kebenaran )
49.  Lokan ?? = Apakah Iya ?? ( Kata untuk Melontarkan Pertanyaan )
50.  Ngebaplang = (dibaca : Ngeubaplang) = Menyatakan Suatu Benda 
      yang berlenihan/terlalu panjang


Mungkin itu aja yang bisa gue tulis... sebenernya masih banyak banget bahasa basaha aneh.. 
karna mungkin itu udah lebih dari cukup... selebihnya mending dateng langsung aja....


Download Juga Kamus bahasa inggris
Untuk hp android

Untu PC/Komputer/Laptop

Cari Blog Ini

Copyright © 2017 PT.Siyari Media All Right Reserved. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri yang Diunggulkan

Jogja Tempat Favorit Saat Liburan Sekolah

Image by : tapak blogger managing Dijogja banyak sekali tempat-tempat yang cocok untuk liburan terutama bagi rombongan pelajar yang ...